Tuesday, January 22, 2008

Last book I read

Gue baru selesai baca novel, judulnya "Astral Astria". Artinya perjalanan Astria. Pengarangnya adalah Fira Basuki, dan karya terbarunya Fira. Release Desember 2007, di Gramedia Matraman termasuk salah satu buku best seller.

Gue sering bingung mendeskripsikan buku yang jadi favorit gue, karena banyak banget buku bagus. Tapi kalo mau masuk kategori buku kesukaan agak susah, karena kadang-kadang kalo udah agak lama, gue suka mikir lagi, "emang buku ini beneran bagus ya?". Karena udah ada tolak ukur buku2 yang lebih bagus lainnya yang udah gue baca. Jadi yang selalu gue tulis sebagai buku favorit gue adalah buku yang jalan ceritanya kuat banget. Dan ga akan terlupakan walaupun ada novel2 bagus bermunculan.

Astral Astria bercerita tentang seorang anak perempuan yang konon titisan Dewi Sima di Dieng. Dengan segala 'keajaiban' Astria (artinya bintang), dia ngejalanin hidup untuk bertemu orang-orang baru dalam hidupnya dan berusaha menolong mereka. Diceritain kalo Astria ini pernah punya kehidupan lain sebelumnya, tapi dia juga muslim. Di Islam bukannya ga ada reinkarnasi ya? Itu sih yang membingungkan. Tapi ya.. Gue suka aja cerita kayak gini. Fantasy.

Yang bikin buku ini bagus adalah jalan cerita paralelnya. Keterkaitan antar karakter yang diceritain terpisah tapi sebenernya masih ada kaitannya. Inti dari ceritanya sih ga terlalu jelas, karena cuma nyeritain sebagian jalan hidup Astria aja. Kayak ga tuntas gitu ceritanya, karena disitu ga jelas apa yang sebenernya Astria cari. But afterall, this is a good literature. Nambah wawasan tentang banyak hal, terutama budaya Jawa. Fiktif, dan agak terkesan mistis. Cocoklah buat pemimpi seperti gue ini. Hehe.

Sekarang gue pengen banget beli buku lagi. Tapi mau nyicil aja, karena takut ga kebaca. Ada lebih dari 3 novel di rumah gue yang belom gue baca. Kalap waktu beli novel. 2 chicklit, 1 Princess Diaries, 1 Adventure of Sherlock Holmes, 2 buku arsitektur, dkk. Kapan waktu buat baca bukunya ya?? Gawat.

List buku yang pengen dibeli:
1. Tetralogi Andra Hirata, "Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov"
2. Totto Chan - Tetsuko Kuroyanagi
3. The Secret - Rhonda Byrne
4. Ketika Cinta Bertasbih - Habiburrahman El Shirazy

Novel yang banyak ngajarin tentang motivasi dan makna menurut gue sangat menarik. Karena penyampaiannya gak ngebosenin dan ada alur ceritanya. Novel juga bisa mendidik. Tapi novel bagus menurut gue enggak melulu harus tentang motivasi dll sih.

Saat ini novel Indonesia favorit gue masih "Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh" oleh Dewi Lestari. Keren banget. Plot ceritanya, alurnya, dan tentunya kemasan ceritanya. Dari triloginya ("Akar" dan "Petir"), menurut gue yang terbagus tetep yang pertama.

Penulis itu hebat yaa. Kalo buku itu sumber ilmu, berarti penulisnya jauh lebih hebat dari bukunya sendiri. Salut buat penulis yang bisa punya karya bagus, karena dia punya talenta hebat untuk berimajinasi sekaligus menggambarkannya dengan kata-kata. Padahal kita juga bermain dengan kata-kata kan yah tiap hari? Nulis juga sering, dari kita sekolah malah. Tapi cuma orang-orang tertentu yang bisa berkarya seperti itu. Two thumbs up. ^^

1 comment:

arifi said...

Nomor 2 dan 4 aku punya tuh git, hehe...
Yang kedua lagi dipinjem, yang keempat masih terbungkus rapi, padahal dah dibeli sekitar 3 bulan yang lalu, haha...