Sunday, January 20, 2008

Temennn

Hari Sabtu, ada temen gue yang ultah 2 orang - Hairul & Opal. Hairul hari Sabtu, Opal hari Minggu. Nggak dirayain sih, kita bikin cuma bikin "surprise" by kidnapping. Hehee. Jadi, mereka diajak ngumpul di Roti Bakar Edy. Dan sekitar jam 10, kita iket tangan n kakinya pake selotape, mata ditutup, trus masukin mobil. Diboongin mau dibawa ke Terowongan Casablanca. Padahal sih ke Senayan.

Rencananya adalah membawa mereka ke Kolam Renang Senayan (KTS), bernostalgia tempat "tongkrongan" kita dulu. Tapi ga jadi... Serem banget. Hahaha. Padahal niat nakutin tapi takut juga anak orang kerasukan kaan. Yaudah kita pindah lokasi ke... Keramik (aer mancur, masih di dalem Gelora Bung Karno. Letaknya tepat di seberang Hotal Atlet Century Park).

Keramik itu sebutan buat anak Arsitek Trisakti aja sih. Karena disekitar situ lantainya dikasih keramik (norak ya). Kenapa kita doyan kesitu, karena punya sense of belonging yg gede untuk tempat itu. Bwahahaha.

Yah nostalgia deh. Agak gelap n sepiii banget, ada sih beberapa orang yg lagi nongkrong. Lalu Hairul dan Opal ditelantarkan dibawah pohon. Biasalah, ditakut-takutin gitu, dan anaknya emang menunjang untuk ditakutin~ (penakut, red). Hehe. Kalo Hairul sih ga asik, hening tak bergeming, pemberani dan pembela agama, dan udah tau itu di Keramik. Hahaha.

Ada juga Satpam yang curiga, trus kita bilang aja ini ulang taun.

Tapi si Opal ini entah kenapa takut banget. Ditakut-takutin, biasalah. Ada yang nyinden, ada yang loncat-loncat, bermacam2 tiruan scene film horor deh. Sekitar setengah jam dibiarkan diatas tanah (kan ceritanya kita bilangnya kuburan), tiba-tiba satpamnya dateng lagi.

Opal: diam tak bergeming
Satpam: "Mas, jangan ditaro situ, pohonnya angker."
Kita: "HAH? Masa' sih Mas? Boong ah."
Satpam: "Lah, bener, demi Allah. Kalo mau sini aja, pinggir aer mancur."
Opal: meronta-ronta dengan gejala kejang-kejang

Bisa ditebak, paniknya amit2. Langsung digotong deh tuh si Opal (kalo Hairul udah berinisiatif melepaskan selotape). Dan Alhamdulillah ternyata Opal tidak apa2, tapi masih dalam tahap ketakutan yang amat sangat (tapi dia kayaknya gak denger omongan satpam barusan).

Tapi gak lama gue harus pulang, dan ceritanya jadi kepotong sampe situ saja yaa. Hehe.

***

Yesterday was remarkable moments for me.. We visited 2 places which were frequently being visited during ospek.

Roti Bakar Edy:
- Nongkrong bareng 2000 sampe jam 3 pagi
- Ngamen buat buka puasa & sahur on the road
- Rute terakhir sahur on the road 2006
- Ngamen buat Inagurasi

Senayan:
- Tempat tongkrongan pertamaaa banget
- Tempat bikin buku tanda tangan bareng2 dengan hebohnya
- Tempat latihan art performance buat Adhisthana Cup 2006
- Tempat rapat angkatan
- Tempat perkenalan para angkatan
- lastly, tempat pr*ssing

Being a melancholic person (based on the Personality Plus by Florence Littauer), yessh, it's very touchy. I missed the times when we had clear purposes, yang secara makro adalah jadi warga Adhisthana. That made the day more colorful, though VERY, VERY, VERY tiring. Dan menghabiskan banyak uang.

Tapi ga tau kenapa gue bisa sangat semangat kuliah waktu itu? Nilai juga bisa bagus... Beda banget semangatnya sama sekarang. Mungkin faktor suasana baru, temen baru, semangat baru, dan semua yang serba baru dengan lingkungan yang mendukung. Mungkin juga karena mata kuliah semester satu gak sesulit semester2 lanjut, gak tau deh.

Yang jelas sekarang gue masih mempertanyakan, what's happening to me? Kok gue kayak ngerasain ada yang ilang ya. Gak segeregetan dulu, kayak ilang tujuan. Padahal gue masih sangat ingin jadi arsitek. Belom ingin beralih profesi lho. Masih excited dalam mendesain. Tapi malas mengerjakan tugas. Nah loh. Dan puncaknya adalah ketika gue hampir gak lulus UAS 3dsMax (baca: Motivated (?))

Kalo kata Lancung (baca: Friend Came in a Handy Time), sesuatu yang ilang itu ya rutinitas gue yang dulu. Rutinitas ospek, tepatnya. Yang membuat pola perkuliahan gue jadi berubah total. Entahlah...

Dulu juga temen-temen gue nanya, "Git, kok lo semangat banget sih nongkrong?" Waktu itu sih alesannya karena gak enak sama temen-temen gue. Itu doang. Dan bukan sekedar rasa gak enak takut dikucilin, tapi ga enak ga ngerasain apa yang mereka rasain. Ya ketinggalan cerita, ya macem2. Dan sekarang baru kerasa kalo kebersamaan itu mahal banget ya.

Gue termasuk orang yang taat ngikutin proses ospek itu dari awal. Gue inget banget, gue telat masuk dan malam sebelum gue masuk, seseorang yg mengaku bernama Gendhis nelpon gue. Katanya ospek Jurusan Arsitektur udah mulai, dan dia adalah temen sekelompok gue yang bertanggung jawab mengabari orang2 yg belom masuk. Dan ternyata banyak banget barang2 yang harus dibawa besok.

Tapi gue semangat banget, sampe bela-belain ke Hypermart depan rumah buat beli barang segambreng. Hampir beli polo shirt item baru seharga Rp. 50.000, padahal kk gw punya (ya kegedean sih). Dan kalo bisa ga ada satupun yang ga sesuai ketentuan. Harus komplit dan sesuai.

Gue selalu excited ikutan yg kayak gini2an, karena ini saat-saat yg paling tepat buat kenal temen-temen gue. Gue gak mau gue masuk kuliah dalam keadaan temen-temen gue udah saling mengenal deket, and suddenly there came a stranger, and it'd felt like a wimps. Bukannya lebih baik kita sama2 saling kenal, dan kita bisa ada di dalam komunitas yang sama, bareng2. Tanpa ada yang ngerasa jadi pecundang. Ya mediumnya ospek ini.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang amat sangat dimiliki oleh gue dan temen-temen gue, intinya sih ospek ini cuma belajar saling mengenal kok. Bisa saling nerima dan toleransi. Gue bisa deket sama orang yang sama sekali beda kebiasaan, beda pola hidup, beda latar belakang, dan semuanya. Dan proses perkenalan itu kita rasain selama hampir 10 bulan. Sangaaaaaaat panjang. Dan efeknya sangat besar.

Malah gue pernah bilang ke temen gue, kalo perlu gak ada baksos sekalian, biar bisa ngumpul terus. Hahaha.

Dulu gue ngerasa angkatan gue dipedulikan banget sama angkatan yang lain. Iyalah, mau masuk komunitas baru (eh, sekarang udah punya "adik" 2007). Masih ada yang ngurusin, dan kayak punya tempat bergantung. Gw juga kangen figur 2003 waktu masih ngurusin 2006 dulu..

Ah, gue lagi bermellow2 ya? Entah apa tanggepan gue baca tulisan ini beberapa hari lagi? Hehe.

Kalo dulu gue dan angkatan gue mengidam-idamkan "kebebasan" di kampus (yang sekarang telah, sedang, dan akan kami rasakan), sekarang kita pengen bisa nongkrong bareng lagi. Satu angkatan. Minimal 90%, kayak waktu absen2 ospek itu yang gak pernah mencapai 100%. Pengen banget.

Seandainya kita bisa ngumpul lagi, tanpa tekanan dari manapun. Kapan ya?

No comments: